Selamat Datang Di Teknozz

Samsung dan Apple Sama - Sama Tebukti Melanggar.

Monday, May 5, 2014

Setelah selama tiga hari berunding, para dewan pengadilan sengketa paten Apple dan Samsung di California akhirnya mengeluarkan keputusan akhir pada jumat tempo hari (2/5/2014) lalu.

Dewan juri pengadilan yang beranggotakan 9 orang, diantaranya 4 orang pria, 4 orang wanita dan 1 orang pimpinan seorang pensiunan eksekutif unit bisnis perusahaan IBM mengeluarkan putusan bahwa kedua belah pihak yang bersengketa sama-sama BERSALAH.

Sebagaimana yang telah dilaporkan oleh Recode, dewan juri memberikan putusan bahwa Samsung melanggar 3 dari 5 hak paten yang dituduhkan Apple telah dilanggar. Tiga paten diantaranya mencakup teknologi prediksi teks, quick link, dan slide to unlock.
Galaxy s5 vs iPhone 5
Galaxy s5 vs iPhone 5s
Perusahaan asal korea tersebut yaitu Samsung harus membayar ganti rugi sebesar 119,6 juta dollar AS ke pihak Apple (kurang lebih Rp 1,37 triliun), akan tetapi ganti rugi tersebut jauh lebih kecil dari yang diminta oleh Apple yaitu 2,2 miliar dollar AS.

Pada pengadilan sebelumnya tahun 2012, 2 tahun yang lalu Apple memenangkan ganti rugi sekitar 1 miliar dolar AS dari Samsung.

Sebaliknya, dewan juri menyebutkan bahwa Apple sudah melanggar sebuah hak paten milik Samsung, dan diharuskan membayar ganti rugi sebesar 158.400 dollar AS (Sekitar Rp 1,8 miliar).

Meski jumlah ganti rugi yang diberikan tak sampai 10 persen dari nilai tuntutan, keputusan dewan juri ini disambut baik oleh Apple yang mengatakan "berterima kasih" kepada juri dan pengadilan.

"Putusan hari ini menegaskan apa yang sudah banyak diketahui di pengadilan-pengadilan di berbagai belahan dunia, bahwa Samsung mencuri ide dan menjiplak produk kami," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Adapun representatif Samsung dan Google belum memberikan komentar.

Dewan juri diminta berkumpul kembali oleh hakim Lucy Koh pada Senin (5/5/2014) untuk memperjelas status sebuah produk Samsung yang ditemukan melanggar paten Apple namun tak menghasilkan ganti rugi.

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 Teknozz Tech
Distributed By Teknozz | Design By YRS