Selamat Datang Di Teknozz

Pertamina Beli Kapal Elpiji Terbesar Dunia Buatan Korsel Rp 730 Miliar

Wednesday, April 23, 2014

Gas 2
Ulsan - PT Pertamina (Persero) telah membeli kapal yang disebut dengan Very Large Gas Carrier (VLGC) kapar tanker berkapasitas sangat besar untuk mengangkut Liquefied Petroleum Gas yang biasa disebut LPG/Elpiji. kapal tersebut dipesan dari produsen asal Ulsan, Korea Selatan, yaitu Hyundai Heavy Industries.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan "Kita kembali memesan kapal VLGC dari Hyundai, sebelumnya pada 17 September 2013 lalu kita sudah menerima kapal pesanan kita pertama dan kita beri nama Pertamina Gas I, ini kapal VLGC yang kedua yang kita pesan dan akan diberi nama Pertamina Gas 2" disela-sela acara Ceremony Pertamina Gas 2, di Galangan Kapal Hyundai, Ulsan, Korea Selatan, Rabu (23/04/2014)

Hanung menegaskan, Kapal Pertamina Gas 2 akan menjadi kapal yang ke-61 dari 191 kapal yang beroperasi untuk mengangkut minyak gas, dalam negeri maupun luar negeri untuk keperluan penunjang.

"kapal tersebut menjadi strategi Pertamina dalam penjaminan keamanan pemasukan energi di dalam negeri, khususnya kapal elpiji ke-8 dari 28 kapal yang diutamakan Pertamina untuk pendistribusian elpiji" ujar Hanung.

ia menambahkan lagi, kapal tersebut dibayar dengan mahar US$ 73,3 juta yaitu kurang lebih Rp. 730 milyar dan kapal Pertamina terbesar kedua milik Pertamina yaitu Pertamina Gas 1 dibeli dengan harga US$ 76,2 juta sebesar kurang lebih Rp 760 miliyar.

yang pasti dengan menggunakan kapal milik perusahaan sendiri akan menjadi lebih efisien dari pada harus menyewa dengan harga selangit, disamping itu kapal tersebut ready green technology jadi ramah lingkungan dan pastinya lebih hemat bahan bakar.

Kapal Pertamina Gas 2 ini merupakan kapal sister ship dari kapal Pertamina Gas 1. Kapal ini direncanakan akan serah terima pada 14 Mei 2014 dan selanjutnya akan melalui proses pergantian bendera Panama ke Indonesia di Singapura sebelum memasuki perairan Indonesia.

Kontrak pembangunan kapal ini ditandatangani pada 18 Januari 2013. Pada 13-17 April lalu telah berhasil ujicoba laut. Dengan selesainya pemberian nama kapal ini, kapal akan segera lepas jangkar di lepas pantai Ulsan untuk proses hand-over ke Pertamina dan pengurusan Port Clearance untuk mendapatkan izin berlayar dari otoritas pelabuhan setempat sebelum akhirnya kapal Pertamina Gas 2 melakukan pelayaran perdana ke Singapura.

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 Teknozz Tech
Distributed By Teknozz | Design By YRS