Selamat Datang Di Teknozz

Cara Charge Smartphone Yang Benar.

Tuesday, April 29, 2014

iphone dicas
Saat yang tepat untuk men-charge.
Dalam aktifitas kita banyak sekali terbantu dengan adanya Smartphone, mulai dari membaca berita online, cek e-mail, hobi fotografi, hingga aktivitas media social dan chatting, tapi sayangnya kebanyakan smartphone memiliki kapasitas baterai yang tidak besar dan menjadi kendala.

Analisa yang sudah ada rata-rata ponsel cerdas saat ini memiliki waktu intens sekitar 4-5 jam, sangat benar jika ada salah satu pengguna masih merasa tidak puas, yang ternyata tidak bisa menemani setiap aktivitasnya seharian. Nah untuk itu setiap pembelian awal kita diwajibkan mengisi daya baterai dengan benar agar baterai dapat berumur panjang. berikut tipsnya.

Jangan membiasakan baterai habis total.

Banyak dari pengguna ponsel mengatakan bahwa baterai ponsel sebaiknya dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum pengisian daya. Hal tersebut memang betul, tetapi itu untuk baterai yang berbahan Nikel, yang notabene sekarang sudah mulai ditinggalkan, sehingga kalimat tersebut tidak relevan.

Ponsel cerdas saat ini sudah menggunakan baterai yang menggunakan bahan Litium-ion, sudah tentu cara perawatan dengan baterai berbahan nikel berbeda.

Baterai smartphone sebaiknya tetap dijaga diatas kapasitas 50% atau jika darurat minimal penggunaan sampai 15%, apabila sudah mencapai titik tersebut silahkan di-charge, atau dimatikan. dan ada satu fakta yang unik tentang baterai Litium-ion, baterai ini juga perlu dihabis kan sekali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi.

Jangan di-charge semalaman.

hilangkan kebiasaan buruk men-charge baterai semalaman sambil ditinggal tidur. walaupun ada persepsi bahwa beberapa adaptor/charger bisa menghentikan arus daya saat baterai telah terisi 100%, namun hal tersebut akan merusak inti baterai jika baterai tetap di kondisi 100% tidak berkurang dan tidak bertambah.

Baterai bahan Litium juga rawan rusak apabila sering dibiarkan kehabisan daya 0% sebab baterai tersebut juga memiliki komponen yang dapat merusak baterai itu sendiri untuk pecegahan agar baterai tidak meledak. pengguna diwajibkan waspada.

Hindari tempat yang panas.

Hindarkan smartphone dari tempat-tempat yang panas, misalnya di dashboard mobil di bawah kaca depan mobil, walau smartphone dalam keadaan mati sekali pun. Sebab, panas yang terpapar bisa merusak baterai.

Baterai litium idealnya disimpan dalam suhu 15 derajat celsius. Suhu ekstrem yang bisa ditangani adalah antara minus 40 hingga 50 derajat celsius.

Langsung ke soket listrik.

Menghubungkan baterai dengan charger melalui soket listrik adalah cara yang paling direkomendasikan. Walau saat ini diperkenalkan metode pengisian ulang baterai secara nirkabel, metode tersebut juga menghasilkan panas yang tidak baik untuk baterai.

Metode menghubungkan charger dengan soket listrik juga lebih cepat dan aman jika dibanding menghubungkan smartphone dengan USB komputer atau laptop menggunakan kabel data/charger.

Share

2 comments:

 
Copyright © 2015 Teknozz Tech
Distributed By Teknozz | Design By YRS